JELAJAHI LEBIH BANYAK ILMU PENGETAHUAN MENARIK DI DALAM BLOG INI, BILA INGIN MENYAMPAIKAN SARAN DAN KRITIK BISA COMENT LANGSUNG DI BLOG INI (TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA) BERBAGI ILMU: GEMPA DI MOROWALI 5,7 SR 16 APRIL 2012

GEMPA DI MOROWALI 5,7 SR 16 APRIL 2012




Gempa berkekuatan 5,7 Skala Richter mengguncang Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, Senin (16/4/2012) sekitar pukul 10.17 wita tadi. Pusat gempa berada di Desa Bahoruru Kecamatan Bungku Tengah, Morowali pada kedalaman 10 km.

Berdasarkan data BMG, posisi gempa berada pada 97 km tenggara Morowali atau 82 km tenggara Luwu Timur, Sulawesi Selatan pada koordinat 2,59 Lintang Selatan dan 121,85 Bujur Timur.

Gempa ini memicu kepanikan warga yang kemudian berhamburan keluar rumah. Informasi yang diperoleh di Morowali, saat gempa terjadi, warga yang ada di perkantoran, pasar, permukiman, dan sekolah, langsung berhamburan keluar. Cukup lama warga menunggu untuk kembali beraktifitas.

Informasi yang diperoleh juga menyebut sejumlah perkantoran termasuk gedung DPRD Morowali rusak dan retak. Sejumlah rumah warga juga mengalami kerusakan ringan maupun berat. Bahkan sejumlah warga juga mengalami luka ringan akibat tertimpa reruntuhan.

Abdul Haris, salah seorang jurnalis di Morowali saat dihubungi mengatakan gempa dirasakan cukup lama. 

"Hampir tiga menit gempa saya rasa tadi. Saat gempa, saya lagi liputan di KPUD morowali. Seketika seluruh isi gedung berhamburan keluar untuk menyelamatkan diri," kata Haris.


sumber : kompas.com
                media indonesia.com



Artikel Terkait:

Posting Komentar