JELAJAHI LEBIH BANYAK ILMU PENGETAHUAN MENARIK DI DALAM BLOG INI, BILA INGIN MENYAMPAIKAN SARAN DAN KRITIK BISA COMENT LANGSUNG DI BLOG INI (TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA) BERBAGI ILMU: CARA MUDAH MODIFIKASI SPEAKER MOBIL

CARA MUDAH MODIFIKASI SPEAKER MOBIL


Peranti hiburan pada suatu mobil, seperti head unit dan speaker menjadi perangkat yang tidak terpisahkan untuk menemani pengemudi dan penghuni lainnya, dalam menikmati perjalanan jarak dekat dan jauh.

Dilansir Automotto, setiap orang dapat mengganti perangkat hiburan, termasuk speaker. Penyokong suara ini, dapat menghasilkan kualitas suara berbeda tergantung dari jenis speaker yang digunakan.

Bagi pengguna mobil dengan selera musik berkualitas, dipastikan ingin memiliki kualitasspeaker yang baik pula. Dan hal tersebut dapat dilakukan sendiri tanpa harus membawa ke bengkel dengan biaya yang tidak dapat diprediksi.

Penggantian speaker tergolong mudah dan membutuhkan waktu sekitar 20 hingga 30 menit. Berikut alat yang dibutuhkan untuk menggantispeaker sendiri :

1. Bor (dengan obeng dan sekrup)
2. Obeng dan sekrup dengan segala ukuran
3. Kunci 'L'
4. Obeng dan dianjurkan agar menggunakan segala jenis ukuran pisau. Obeng yang digunakan adalah jenis magnetik dan pegangan yang gemuk.
5. Tang penjepit dan alat penghubungnya
6. Alat sorder
7. Sebuah data
8. Tang
9. Satu set kunci pas
10. Alat pencungkil
11. Alat pencabut klip atau obeng yang dilapis kain
12. Lakban
13. Cutter

Petunjuk:


1. Dapatkan speaker

Ada beberapa model speaker yang tersedia. Speaker untuk dashboard bisa saja mahal atau tidak terlalu mahal tergantung keputusan pembeli. Sesuaikan dengan kebutuhan tergantung jenis speaker, mulai dari harga dan model. Aspek penting lain adalah sesuaikan ukuran speaker dengan ukuran slot agar speaker dapat digunakan secara tepat.

2. Lepas pelindung speaker

Anda perlu mulai melepas pelindung berupa gril pada speaker. Gril merupakan bagian penting untuk melindungi speaker dari benturan atau debu. Gril pada speaker dapat dilepas dengan obeng kecil atau sebilah pisau.

3. Lepas frame speaker

Langkah selanjutnya adalah melepas frame speaker. Di sini Anda akan memerlukan bantuan alat yang disebut Torx driver. Ini akan membantu untuk menghapus frame speaker pada dashboard mobil Anda.

4. Lepas seluruh panel-panel dashboard

Sekarang Anda harus melepas panel pada seluruh dasboard. Panel dashboard dapat dilepas seluruhnya, sehingga memudahkan kerja penggantian speaker.

5. Koneksi Baru

Bila Anda melepas frame speaker, Anda dapat melihat konektor dengan dua terminal, satu positif dan satu negatif. Jangan sampai terbalik menyambungkan konektornya. Anda dapat menggabungkan dengan kawat speaker yang telah disesuaikan.

Dalam hal ini yang harus Anda lakukan adalah untuk memotong kawat pada dashboard dan kemudian menyambungkannya kembali dengan kawat pada speaker baru. Konektor disediakan untuk speaker secara acak.

6. Pasang kembali speaker
Setelah kabel telah terpasang benar, sesuai dengan speaker baru dan sesuai dengan slot yang tersedia. Cukup membuat koneksi ke memasukkannya dalam slot.

7. Pengaturan lengkap
Slot ini memiliki penutup pelindung. Jadi berhati-hati saat memasang kembali posisi speaker. Anda dapat menggunakan obeng untuk melakukan tugas ini. Setelah Anda menyelesaikan konfigurasi ini, speaker baru Anda telah berhasil di-install.

Tips cepat:


Tetap utamakan keselamatan dan kewaspadaan. Pilih model speaker yang sesuai kebutuhan, disesuaikan juga dengan ukuran slot untuk speaker. Lakukan penggantianspeaker jauh dari jangkauan anak-anak termasuk alat-alat tajam.

Gunakan selotip atau lakban untuk melindungi bagian body yang dikhawatirkan akan terkena baret. Dan berhati-hati juga saat hendak menyambungkan kawat ke bagianspeaker baru.


Artikel Terkait:

Posting Komentar