JELAJAHI LEBIH BANYAK ILMU PENGETAHUAN MENARIK DI DALAM BLOG INI, BILA INGIN MENYAMPAIKAN SARAN DAN KRITIK BISA COMENT LANGSUNG DI BLOG INI (TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA) BERBAGI ILMU: 8 PENYEBAB PEMBOROSAN LISTRIK

8 PENYEBAB PEMBOROSAN LISTRIK


Merasa Tagihan listrik terasa setiap bulan selalu membengkak padahal penggunaan listrik dirasa wajar dan biasa-biasa saja, karena belum tentu kita menggunakan listrik secara benar Seringkali kita menghiraukan beberapa hal kecil, yang ternyata menggunakan energi listik yang cukup besar , sehingga tagihannya juga besar.


Berikut adalah beberapa fakta mengenai pemborosan listrik yang tanpa sadar sering kali kita lakukan:

Menggunakan lampu pijar sebagai penerangan di rumah
Lampu pijar merupakan lampu yang lebih boros energi. Ganti semua lampu pijar di rumah dengan lampu CFL (Lampu Hemat Energi). CFL menghemat lebih dari 50%.

Sering membuka dan menutup lemari es
Tanpa disadari, sebanyak 7% energi terbuang ketika pintu lemari es terlalu sering dibuka (terlalu lama terbuka). Lemari es tua yang berusia di atas 10 tahun juga semakin boros energi. Bahkan, peningkatan kebutuhan dayanya bisa mencapai 75% dan sebaiknya dilakukan penggantian.

Mencharger handpone sambil menggunakannya
Mencharger handpone sambil telfonan, smsan, memutar MP3/4 atau main games merupakan pemborosan listrik yang sering kita lakukan. Lebih baik kita mencharger sampai baterai penuh baru menggunakannya atau mencharger dengan mematikan handponenya . Selain pemborosan listrik hal ini memperpendek umur baterai.

Menurunkan suhu AC yang terlalu rendah 
AC atau mesin pendingin ruangan membutuhkan tambahan daya sebanyak 6% ketika suhu diturunkan setiap satu derajat. AC juga tidak lagi boros energi apabila filter dan coil AC rutin dibersihkan. Penghematan juga dapat dilakukan dengan memasang suhu ideal 24-25 derajat Celcius. Suhu ideal itu dapat optimal dirasakan jika ruangan tertutup rapat. 

MenStandbykan alat2 elektronik
Sering kali kita mematikan TV tanpa mencabut kabel TVnya atau hanya menstandby kan saja, Jika kerlip merah (standby) masih menyala, berarti alat listrik masih mengkonsumsi energi listrik.

Komputer yang tetap menyala walaupun tidak digunakan
Banyak komputer dikantor kantor (PC), tetap dinyalakan walaupun tidak 
sedang digunakan. Satu unit PC membutuhkan catu daya yang sangat besar, 
bila tetap nyala saat tidak digunakan, pemborosan yang ditimbulkan juga 
besar.

Sering memati-hidupkan alat elektronik
Sering memati-hidupkan alat elektronik misalnya pompa air ataupun lampu juga merupakan pemborosan listrik, karena alat listrik membutuhkan daya yang lebih besar ketika ihidupkan, jadi semakin sering kita mati-hidupkan, maka daya yang dikonsumsi juga akan semakin besar.

Tidak mencabut charger dari sumber listrik setelah selesai menggunakan
Sering kali kita tidak mencabut charger telepon gengam ataupun laptop setelah selesai meggunakannya. Ternyata hal ini juga merupakan pemborosan listrik, arus tetap mengalir di dalam charger yang tidak di lepas. Jadi sebaiknya setelah baterai alat elektronik kita sudah penuh lepaslah chargernya juga dari sumber tegangan.


sumber : http://www.tdwclub.com/showthread.php?594-Fakta-Pemborosan-Energi-Sumber-Daya-Alam


Artikel Terkait:

Posting Komentar