JELAJAHI LEBIH BANYAK ILMU PENGETAHUAN MENARIK DI DALAM BLOG INI, BILA INGIN MENYAMPAIKAN SARAN DAN KRITIK BISA COMENT LANGSUNG DI BLOG INI (TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA) BERBAGI ILMU: DETEKSI PENYAKIT DARI KESEHATAN MULUT DAN GIGI

DETEKSI PENYAKIT DARI KESEHATAN MULUT DAN GIGI


Nyeri pada gigi geraham atas

Ini bisa menjadi sinyal bahwa Anda mengalami Sinusitis.
Jaradi salah seorang dokter di India mengatakan, dia sering mendapat pasien yang mengeluh nyeri akut pada gigi geraham atas mereka. Tetapi, pemeriksaan menunjukkan gusi dan gigi sehat. Jaradi menjelaskan, penyebab nyeri pada kasus tersebut adalah sinusitis. 
"Ketika sinus, udara rongga dalam tulang pipi, di atas rahang atas menjadi meradang akibat infeksi, yang tekanannya terasa pada rahang atas. Geraham atas berada dekat dengan sinus, dan tekanannya menimbulkan nyeri di gigi."

Mulut kering

"Jika Anda memiliki masalah ini terus-menerus di dalam mulut, itu mungkin ide yang baik untuk berkonsultasi dengan nephrologist," kata Dr Dilip Deshpande, konsultasi prosthodontist dan implantologist di Rumah Sakit Lilavati. 

Ginjal bertanggung jawab untuk membentuk  proses pembuangan urin dan mengatur cairan serta elektrolit ke seluruh tubuh. Dia mengatakan bahwa infeksi ginjal menyebabkan ketidakseimbangan dalam regulasi cairan dan biasanya, muncul gejala  di mulut. Meski begitu tak selamanya masalah mulut kering menjadi sinyal penyakit ginjal. Mulut kering juga bisa menjadi tanda bahwa tubuh mengalami dehidrasi. 

Gusi pucat

Ini bisa menjadi sinyal Anda memiliki kadar hemoglobin rendah. Gusi pucat disertai dengan sakit di lidah kadang-kadang  merupakan tanda-tanda kekurangan hemoglobin. Hemoglobin adalah protein, yang membantu darah membawa oksigen ke berbagai bagian tubuh. Zat Besi sangat penting untuk pembentukan hemoglobin dalam sel darah merah. Sumber zat besi termasuk kuning telur, sayuran hijau, buah-buahan kering, kacang-kacangan, lentil, kacang polong  dan kedelai.

Gemerutuk gigi

Biasa disebut bruxism. Ini bisa menjadi tanda seseorang tengah mengalami stres. Tanda lainnya bisa ditunjukkan dengan adanya rasa sakit di rahang saat bangun tidur. Atau tanpa sadar, Anda sering mengalami gemerutuk gigi saat tidur. 

Dokter Gigi Beenal Kuckian dari India mengatakan, "Orang-orang bisa menggiling gigi mereka saat tidur siang atau malam. Hal itu terjadi tanpa disadari."

Yang paling bahaya jika gemerutuk gigi dilakukan sepanjang malam. Hal ini bisa menyebabkan nyeri rahang, kelelahan otot pipi, sakit kepala dan nyeri telinga. 

Stres merupakan salah satu penyebab utama dari bruxism. "Orang-orang cenderung untuk menggerutukkan gigi mereka ketika stres. Biasanya, mereka dengan pekerjaan yang memiliki risiko stres tinggi berisiko mengalami hal ini, seperti polisi, binaragawan, pegawai bank, atau mereka yang menderita gangguan depresi dan kecemasan," tambahnya.

Kebanyakan mereka yang datang ke dokter, tidak sadar bahwa mereka mengalami stres. Namun saat diperiksa lebih lanjut, biasanya orang-orang yang mengalami hal ini, mereka datang dengan kondisi gigi patah atau flat. Obatnya adalah melakukan manajemen stres.


Artikel Terkait:

Posting Komentar