JELAJAHI LEBIH BANYAK ILMU PENGETAHUAN MENARIK DI DALAM BLOG INI, BILA INGIN MENYAMPAIKAN SARAN DAN KRITIK BISA COMENT LANGSUNG DI BLOG INI (TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA) BERBAGI ILMU: DAMPAK POSITIF KONSUMSI ALKOHOL

DAMPAK POSITIF KONSUMSI ALKOHOL


Memperbaiki kualitas tidur di malam hari
Bagi sebagian orang, segelas alkohol sebelum tidur memiliki efek positif bagi tubuh. Tetapi, konsumsi yang berlebihan malah mengganggu tidur Anda. Bukannya tidur nyenyak, Anda malah terjaga semalaman dan terkena insomnia.
Mengurangi risiko penyakit dan serangan jantung
Bila dikonsumsi dalam dosis rendah, alkohol dapat mengurangi tekanan darah. Sebaliknya, ketika dikonsumsi berlebihan, alkohol memiliki efek negatif pada tubuh. Alkohol membantu untuk membersihkan lemak dari arteri dan mengurangi pembekuan darah. Hal ini dapat membatasi kemungkinan penyakit dan serangan jantung.
Mengurangi risiko stroke
Minum alkohol dalam jumlah terbatas bisa menurunkan risiko serangan jantung dan risiko stroke. Jenis stroke paling umum disebut stroke iskemik. Ini terjadi ketika pembuluh yang membawa darah ke otak tersumbat. Jenis lain dari stroke iskemik adalah hemoragik. Hemoragik terjadi ketika darah merembes keluar dari pembuluh darah di otak.
Punya efek diuretik
Alkohol bersifat diuretik, yang berarti punya efek mendorong air keluar dari tubuh lebih cepat. Peminum berat bisa mengalami dehidrasi karena sering buang air kecil. Konsumsi dalam jumlah sedang, memiliki dampak diuretik yang tidak berbahaya.
Meningkatkan interaksi sosial
Alkohol bisa meningkatkan kognisi sehingga membuat kepribadian orang jadi lebih ramah. Orang yang sering minum di bar, mereka akan lebih mudah membuka pembicaraan dengan orang asing. Bahkan, mereka punya banyak lelucon untuk ditertawakan. Alkohol dianggap mirip psikotropika yang dapat mengubah kondisi kejiwaan seseorang.
Mengganggu reaksi obat lain
Konsumsi alkohol dapat mengganggu reaksi obat atau senyawa lain dalam tubuh. Itu berarti obat-obatan yang diproses di hati, tidak akan dicerna dengan cepat. Alhasil, seseorang akan merasakan efek obat yang jauh lebih kuat.
Peringatan penting !
Alkohol memang memiliki dampak positif bagi kesehatan. Namun, itu bukan berarti Anda bisa mengonsumsinya secara berlebihan. Ingat! Segala sesuatu yang dilebih-lebihkan selalu berdampak buruk bagi kesehatan.


Artikel Terkait:

Posting Komentar