JELAJAHI LEBIH BANYAK ILMU PENGETAHUAN MENARIK DI DALAM BLOG INI, BILA INGIN MENYAMPAIKAN SARAN DAN KRITIK BISA COMENT LANGSUNG DI BLOG INI (TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA) BERBAGI ILMU: KEGUNAAN DAN MANFAAT LULUS TOEFL DAN TOEIC

KEGUNAAN DAN MANFAAT LULUS TOEFL DAN TOEIC



TOEFL (Test of English as a Foreign Language)
Test TOEFL adalah semacam tes untuk mengukur seberapa mahir kita dalam mempelajari English. Tes ini berawal dari United States dan Canada. Hampir semua siswa yang akan melanjutkan colege(kuliah) di salah satu universitas baik mengambil jurusan sarjana ataupun lainnya harus, wajib,memiliki sertifikat TOEFL. Hampir seluruh negara di dunia menerapkan test ini sebagai ukuran kemampuan berbahasa Inggris. Indonesia salah satu negara yang turut melaksanakannya. Namun sertifikat TOEFL belum seluruhnya menjadi kewajiban yang harus dimiliki calon mahasiswa. Skor TOEFL yang  berkisar antara <100-999. Dimana anak SMA di Indonesia dinyatakan memenuhi persyaratan memahami bahasa Inggris dengan "cukup baik" jika telah mendapatkan skor di atas 450.
Biasanya tes ini memakan waktu sekitar tiga jam dan diselenggarakan dalam 4 bagian, yaitu bagian:

  • listening comprehension,
  • grammar structure and written expression,
  • reading comprehension, dan bagian
  • writing.
Nilai hasil ujian TOEFL berkisar antara: 310 (nilai minimum) sampai 677 (nilai maximum) untuk versi PBT (paper-based test).
Akhir-akhir ini penyelenggara tes TOEFL juga mengadakan jenis tes TWE (Test of Written English) yang hasil nilainya terpisah dari nilai tes TOEFL. Tes ini memakan waktu selama 30 menit, dan peserta akan diminta untuk menuliskan karangan singkat yang menggambarkan mengenai kemampuan peserta untuk mengekspresikan dan menuangkan suatu gagasan atau ide, serta mendukung gagasan itu dengan contoh-contoh yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan bahasa Inggris yang standar.
Jenis tes TOEFL yang lain adalah TSEP (Test of Spoken English Program) yang mirip dengan bagian individual interview pada tes IELTS. Tes ini biasanya dipakai kalau kita ingin mendaftar sebagai asisten dosen atau asisten laboratorium (sebagai salah satu cara untuk meringankan biaya kuliah) di universias di AS (atau negara lain). Bentuk tesnya diadakan secara lisan dan berlangsung selama kurang lebih 20 menit. Waktu penyelenggaraan dan batas akhir pendaftarannya sama dengan tes TOEFL yang lain, dan biayanya kira-kira sebesar US$100. Namun biasanya jika pihak sekolah ataupun lembaga bimbingan melaksanakan dengan jumlah peserta yang banyak. bianyapun menjadi murah. sekitar 1/5 lebih murah daripada melaksanakan tes langsung di pusat.


TOEIC (test of english as international communication)
TOEIC adalah tes kemampuan berbahasa Inggris seperti TOEFL. perbedaannya TOEFL berorientasikan hasil untuk mendaftar sebuah universitas dengan kata lain TOEFL di perlukan untuk kemampuan berbahasa Inggris bagi pelajar yang akn melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. TOEIC test di perlukan untuk mengetahui serta meningkatkan kemampuan berbahsa inggris yang sertifikat yang akan diperoleh digunakan untuk kepentinga pekerjaan. dengan kata lain TOEIC dilaksanakan bagi siapa saja yang akan mendaftar bekerja ataupun sebagai suatu syarat untuk mendaftar pekerjaan tertentu. 
jika berminat kunjungi situs www.itc-indonesia.com
biayanya  450.000, sudah  include 1 additional score report. 
bayarnyavia ebanking mandiri…
testnya terdiri dari Listening ( 45 Min) dan Reading (75 Min) 
Listening terdiri dari  bagian photograph , question - respons, short talk  dan short conversation.
Sekolah maupun lembaga bimbingan biasanya menyelenggarakan tes ini pada saat mendekati waktu bagi siswa untuk mendaftar universitas yang mereka minati. karena masa berlaku sebuah sertifikat TOEIC maupun TOEFL adalah 2 tahun.Bagaimanapun  kedua tes ini membutuhkan konsentrasi baik pendengaran maupun penglinghatan karena akan memakan banyak tenaga. Tes TOEIC ataupun TOEFL dilakukan selama kurang lebih 2 jam tanpa henti.


Artikel Terkait:

Posting Komentar